Langkah-Langkah Membuat Sebuah Logo


Hallo guys, ini adalah postingan pertama tentang cara saya membuat sebuah logo brand. Dimulai dari mencari sebuah nama, sketsa, sampai proses digitalnya. Bukan sebuah panduan wajib, melainkan hanya sebuah cerita bagaimana saya membuat logo pribadi untuk Suryodiningart.
Logo yang akan saya buat adalah logo milik sendiri, karena memang saya membutuhkan sebuah logo pribadi untuk keperluan branding.

1. Dimulai dari mencari Nama
Nama artist yang saya pakai adalah "suryodiningart". Seperti yang sudah saya jelaskan pada halaman "Tentang Saya". Suryodiningart adalah sebuah penggabungan antara nama dengan sebuah gelar. Kata 'Suryodin' yang diambil dari nama asli yaitu Suryadin dan kata 'Ningart' adalah plesetan dari kata Ningrat. Sekilas memang seperti nama seorang pewaris takhta kerajaan jawa. Tapi kalau kamu lebih hati-hati membacanya, itu adalah 'ART'. Jadi SuryodiningArt adalah : saya yang suka dengan kesenian.
2. Sketsa
Dengan nama yang sedikit beraroma kerajaan jawa, saya terinspirasi ingin menggunakan logo yang terbuat dari unsur-unsur budaya jawa. Dan hal pertama yang terlintas di kepala saya adalah "Blangkon". Blangkon adalah tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa.
Tanpa pikir panjang dengan cepat saya membuatnya, dan jadilah logo suryodiningart :
Logo tersebut saya gunakan di akun Instagram milik saya, akun Youtube, juga di blog Suryodiningart.com. Tapi tak bertahan lama, saya merasa logo itu sedikit rumit, kurang sederhana. Bentuknya menjadi tidak terlihat jelas ketika saya mencoba memperkecil tampilannya, contohnya saat digunakan sebagai favicon blog.

Akhirnya saya memutuskan untuk membuat lagi logo dengan versi yang lebih sederhana, dengan tetap menjadikan topi blangkon sebagai objek utamanya. Dan dipadukan dengan sedikit nuansa kartun tengkorak atau zombie, karena memang saya suka membuat stock-stock vector dengan gaya street art untuk keperluan desain kaos, sticker, dll.
Dan akhirnya jadilah sebuah sketsa desain logo suryodiningart :

3. Proses Digital
Dari sketsa tersebut saya langsung men-tracingnya di inkscape, dan seperti ini hasilnya :

Kamu bisa saksikan proses pembuatannya di video berikut :

Tapi logo tesebut belumlah final, saya merasa logo tersebut kurang sistematis. Akhirnya saya mencoba membuat ulang logo tersebut dengan bantuan objek-objek lingkaran, ini saya praktekan setelah saya melihat sebuah video di Youtube tentang membuat logo yang baik. Video itu mengatakan tekhniknya adalah dengan "Golden Ratio".
Setelah saya praktekan dan melihat hasil akhirnya, ya... saya merasa ini jauh lebih bersih dan saya menyukainya. Dan seperti inilah tahapan prosesnya :
Saya mencoba sebuah kondisi ketika logo ini diaplikasikan pada media gelap dan terang, hasilnya cukup baik. :)
Lalu saya memberikan sentuhan akhir dengan mengaplikasikannya ke sebuah mockup, karena logonya berkaitan dengan desain kaos saya coba memposisikan brand atau logo milik saya menjadi sebuah brand kaos terkenal. hehe..

Terimakasih banyak sudah menyimak artikel tentang cara saya membuat sebuah logo, mungkin ada sedikit yang bisa sobat ambil dan praktekan sendiri. Semoga bermanfaat :).

0 Response to "Langkah-Langkah Membuat Sebuah Logo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel