Cara Membuat Paypal Tanpa Kartu Kredit

Cara Daftar Paypal Tanpa Verifikasi Kartu Kredit

Setelah memahami betul tentang pola bisnis microstock yang telah di uraikan pada post sebelumnya yaitu Cara Mendapatkan Dollar di Internet dengan Menjual Foto, Vector dan Footage di Microstock, dan kamu merasa benar-benar layak atau mampu untuk membuat konten-konten digital seperti foto, footage video, serta vector (Membuat Vector Yang Diterima Shutterstock dan Agen Microstock Lainya - Bermicrostock dengan Inkscape). Lalu kamu memutuskan untuk ikut terjun bergabung menjadi kontributor microstock. Tapi mungkin kamu sedikit bingung, gimana sih cara agen-agen microstock tersebut memberikan gaji kepada kontributornya? Apakah melalui bank transfer? dan apakah itu mungkin karena hampir semua agensi microstock ini berlokasi di luar negri. Atau melalui wesel pos? butuh waktu berapa lama gaji tersebut bisa sampai ditangan?

Dalam dunia online, transaksi-transaksi pembayaran sebuah jasa seperti ini, termasuk belanja online yang melibatkan kedua belah pihak antar negara memang tak terelakkan lagi, bahkan sudah banyak Freelancer yang bekerja mengerjakan projek pesanan dari luar negeri. Seiring perkembangan jaman melakukan transaksi keuangan seperti ini semakin dimudahkan, dimana transfer uang sekarang cukup mudah yaitu hanya melalui E-mail.
Iyalah Paypal yang bertindak sebagai perusahaan penyedia jasa transfer seperti ini. Kamu bisa mengetahui lebih jauh lagi tentang apa itu paypal pada halaman wikipedia berikut : Paypal.

Bisa dibilang paypal ini adalah Rekening bank online, kalau kamu sudah memiliki rekening paypal kamu bisa menyimpan uang yang masuk, mentransfer lagi uang tersebut untuk belanja online atau membayar jasa, dan juga mencairkan uang yang ada di rekening paypal kamu ke rekening bank lokal yang kamu miliki.
Dengan kemudahan yang diberikan oleh paypal yang bisa mentransfer uang melalui E-mail, juga beberapa fitur dan biaya yang ditetapkan oleh paypal cukup rendah. Maka sebagian besar agensi microstock menggunakan Paypal sebagai salah satu alat transaksi pembayaran gaji yang berupa US dollar untuk para kontributor-kontributornya.

Maka, pada posting kali ini suryodiningart.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat rekening online untuk menerima gaji dari agensi-agensi microstock juga menerima uang dari siapapun di seluruh dunia dengan menggunakan Paypal.

1. Persiapan
  1. Email utama sebagai alat Login sekaligus alamat pembayaran.
  2. Pastikan anda sudah memiliki rekening bank lokal apapun, pada tutorial kali ini suryodiningart menggunakan Bank BRI.
  3. Dokumen identitas, bisa menggunakan KTP.
  4. Pastikan Nama pemilik rekening bank dan nama pada KTP cocok.

2. Langkah-langkah Mendaftar Paypal

Kunjungi Paypal.com, lalu klik Daftar di pojok kanan atas. Setelah itu, karena tujuan membuat rekening paypal ini untuk menerima gaji dari agensi microstock, maka pilih "Menerima Pembayaran Menggunakan Paypal" dengan mengklik Memulai.
Daftar Paypal Sebagai Penerima Pembayaran
Kemudian isi alamat email kamu, pastikan email yang kamu masukkan adalah email aktif. Karena email ini nantinya digunakan sebagai login ke akun paypal, bukan hanya itu, email ini juga akan menjadi alamat pengirim atau penerima uang. Jadi kalau ada orang lain ingin mengirimi kamu uang melalui paypal, maka alamat email kamulah yang wajib kamu beritahu ke orang tersebut. Dengan kata lain email ini menjadi nomor rekening akun paypal kamu.
Setelah alamat email sudah terisi, lanjut klik Berikutnya.
Memasukkan Email Pendaftaran Paypal
Setelah itu masuk pada poin pertama yaitu "1. Memulai". Pada halaman ini kolom email sudah otomatis terisi, lalu isi data-data selanjutnya dengan teliti :
  1. Isi kata sandi kamu pada dua kolom, kata sandi digunakan untuk login ke akun paypal, jadi gunakan sandi yang rumit namun bisa kamu ingat dengan baik.
  2. Isi nama depan dan belakang resmi kamu, usahakan nama ini sesuai dengan KTP dan nama pemilik rekening bank lokal yang akan dihubungkan.
  3. Isi nama usaha, disini saya isi dengan usaha atau profesi saya yaitu Kontributor Microstock.
  4. Isi nomor handphone.
  5. Isi alamat lengkap, Juga harus sesuai dengan KTP kamu.
  6. Masukan nama kota.
  7. Nama provinsi.
  8. Juga kode pos.
  9. Pilih mata uang US dollar.
  10. Centang setuju.
  11. Klik Setuju dan Lanjutkan.
Memulai
Kemudian di halaman berikutnya masuk pada poin kedua yaitu "2. Informasi usaha". Pada halaman ini paypal ingin mengetahui tentang usaha apa yang kamu jalani.

  1. Pada kolom "Jenis bisnis apa ini?" kamu bisa pilih Perorangan atau Kepemilikan pribadi.
  2. Setelah itu pilih kategori pada kolom "Apa kategori bisnisnya?".
  3. Juga jawab "Apa subkategorinya?"
  4. Isi alamat website kalau kamu punya website atau blog.
  5. Pilih negara Indonesia.
  6. Kamu bisa masukkan Nomor pendaftaran usaha, kalau kamu sudah mempunyai sebuah usaha yang terdaftar (seperti percetakan dll). Kalau tidak, cukup kosongkan.
  7. Juga Tanggal kapan usaha kamu terdaftar, kalau belum punya usaha yang terdaftar, cukup kosongkan.
  8. Klik Lanjutkan.
Mengisi Informasi Usaha di Paypal
Tips, kalau kamu mendaftar paypal juga karena ingin berbisnis microstock atau ingin menerima pembayaran atas jasa desain grafis dan konten kreatif lainnya. Kamu juga bisa memasukkan Informasi usaha sama seperti contoh gambar.

Lalu di halaman selanjutnya masuk pada poin ketiga yaitu "3. Informasi pemilik rekening".
Siapkan dokumen identitas yang kamu miliki, bisa berupa Paspor, Surat izin mengemudi (SIM), dan ID Nasional (KTP). Saran saya gunakan saja KTP kamu.

  1. Pertama pilih kewarganegaraan.
  2. Pilih ID Nasional sebagai dokumen identitas.
  3. Masukan Nomor NIK KTP kamu.
  4. Juga Tanggal lahir sesuai KTP.
  5. Centang Kalau alamat rumah kamu sama dengan alamat bisnis yang sudah kamu tulis sebelumnya pada poin "1. Memulai".
  6. Klik Kirim.
Mengisi Informasi Informasi Pemilik Rekening di Paypal
Setelah selesai mengisi data di 3 poin pendaftaran (Memulai, Informasi usaha, Informasi pemilik rekening), selanjutnya kamu harus mengkonfirmasi alamat email yang sudah kamu pakai untuk mendaftar. Cukup cek kotak masuk pada email kamu karena paypal sudah mengirimkan sebuah email serta petunjuk untuk konfirmasi.

  1. Buka email baru yang telah dikirimkan paypal.
  2. Klik Ya, ini adalah email saya.
  3. Masukan kata sandi yang sudah kamu buat di tahap sebelumnya, dan klik Konfirmasikan Alamat Email.
Mengkonfirmasi Alamat Email Pendaftaran Paypal

3. Menghubungkan Paypal ke Rekening Bank Lokal
Setelah berhasil mengkonfirmasi alamat email, kamu akan dibawa ke halaman Pengaturan rekening bisnis. Disini kamu bisa langsung menghubungkan paypal dengan rekening bank lokal milik kamu.

  1. Pertama pilih tab Konfigurasi rekening.
  2. Klik Hubungkan rekening bank Anda.
  3. Setelah halaman Tambah rekening terbuka, pastikan kolom Nama pada rekening terisi dengan nama yang sama dengan nama pemilik rekening yang akan dihubungkan. Kalau nama yang kamu masukkan pada kolom ini berbeda dengan nama pemilik rekening bank yang dihubungkan, kamu akan dikenakan biaya penarikan Rp. 50.000.
  4. Masukkan Nama bank rekening kamu, disini saya menggunakan rekening bank BRI.
  5. Masukkan 7 angka kode bank, kalo kamu tidak tahu kode bank yang akan kamu hubungkan, cukup klik Apakah ini?, maka akan terbuka jendela daftar nama bank beserta kodenya.
  6. Masukkan Nomor rekening bank kamu.
  7. Masukkan ulang nomor rekening bank kamu.
  8. Pastikan semua terisi dengan tepat, lalu klik Lanjutkan.
  9. Terakhir akan mucul halaman baru, dimana kamu disuruh untuk memeriksa lagi informasi rekening bank kamu. Mulai dari Negara, Nama pemilik rekening, Nama bank, Kode bank, dan Nomor rekening. Kalau sudah benar klik Simpan.
  10. Selamat, rekening bank lokal kamu sudah terhubung dengan paypal.
Menghubungkan Paypal ke Bank Lokal
4. Paypal Siap Digunakan
Pada tahap ini paypal kamu benar-benar sudah bisa digunakan untuk menerima dana, mengirim dana, bahkan menarik dana ke bank lokal. (dengan catatan akun paypal kamu sudah ada dana US dollarnya ya, hehe). Jadi kamu gak perlu menghubungkan lagi paypal kamu dengan kartu kredit atau kartu debit visa. Apalagi kamu sampai cari jasa verifikasi paypal dengan VCC, kartu kredit, dll. Hanya agar paypal kamu bisa digunakan.
Intinya cukup hubungkan paypal kamu dengan rekening bank lokal, kamu sudah bisa menggunakan paypal. Hanya saja paypal kamu gak bisa melakukan penarikan ke bank lokal dengan sesukanya, atau ada batas penarikan tiap bulannya. Tapi tenang saja batas penarikan bulanannya cukup besar yaitu $10.000 USD.
Misalnya kalau dalam satu bulan kamu mendapatkan gaji dari Shutterstock sebesar $1.500 USD, dan dari Freepik $2.000 USD, lalu kamu melakukan penarikan ke bank lokal kamu.
Maka angka itu akan dicatat bahwa dalam satu bulan kamu sudah melakukan penarikan sebesar $3.000 USD, tentu angka ini jauh dibawah batas yang ditetapkan, jadi kamu bisa menarik gaji dollar kamu ke bank lokal dengan tanpa hambatan.
Menariknya lagi angka penarikan yang sudah tercatat tadi akan dihapus atau menjadi Nol kembali dibulan berikutnya.
Batas Penarikan Paypal
Mungkin kalau suatu saat pendapatan microstock saya atau kamu perbulannya sudah melebihi $10.000 USD, maka artikel ini akan saya update dengan tambahan cara menghubungkan paypal dengan kartu kredit agar batas penarikannya bisa hilang.
Jadi mari kita tingkatkan produktifitas kita masing-masing dengan cara terus berikhtiar, agar mimpi itu bisa terwujud. Amiin.

Sekian artikel saya, semoga bisa memberikan pengetahuan yang berguna untuk sobat.

1 Response to "Cara Membuat Paypal Tanpa Kartu Kredit"

  1. Terimakasih. Informasi yang sangat membantu. Semoga berkah. :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel