Lakukan Seperti yang Dilakukan Dirk Dzimirsky


Dirk Dzimirsky adalah seniman asal jerman, yang terkenal dengan gambar hyperrealistic dan lukisan yang menggambarkan manusia dalam suasana hati yang kelam, tanpa henti mengungkapkan kerentanan dan tragedi kondisi si objek. Karyanya didasari pada foto-foto pilihan. Semua rincian atau detail yang kompleks dan nyata, dengan komposisi cahaya dan bayangan yang berlebihan, untuk menciptakan perasaan yang dramatis dan emosi yang intens untuk pemirsanya.


suryadint.blogspot.com

Memang menyayat hati sekali karyanya :D. Silahkan kunjungi websitenya untuk melihat karya-karya luar biasa Dirk Dzimirsky : www.dzimirsky.com
Barang kali anda berminat untuk membeli karya-karya originalnya, atau mungkin ingin mengikuti kelas menggambarnya?, itu pasti membuat saya sangat iri :D.
Dirk Dzimirsky adalah salah satu seniman favorit saya, pada bulan Maret tahun 2012 lalu, ia memposting artikel mengenai Workshop Demonstrasi Menggambar di blognya, wah.. ini membuat saya cukup senang. Artikel ini sangat membantu, walau saya cukup telat untuk mengetahui posting tersebut. :D.

suryadint.blogspot.com

Ia melakukan demo menggambar di kertas Canson Sketchpad (entahlah ini di sisi yang halus atau kasar, karena kertas ini memiliki dua sisi yang berbeda), berukuran 11"x 15" (sekitar 28cm x 38cm).
Kita sama-sama bisa melihat berbagai tahapan menggambar,
1. Dimulai dari Blok sederhana: yaitu membuat garis terluar bentuk kepala hingga badan
2. Kemudian menyempurnkan sketsa: memberi bagian-bagian wajah seperti mata, hidung, mulut dan telinga
3. Sketsa dalam bentuk: membuat bentuk wajah dengan mengarsir bayangan-bayangan gelap, seperti bola mata, mulut, bayangan lipatan pipi, leher, telinga dan hitam rambut
4. Membangun Bentuk: tahap ini adalah memberi nilai pada bagian wajah yang cukup terang (bukan cahaya), dengan mem-blending / mencampur / menggosok arsiran, yang telah diarsir sebelumnya pada tahap ketiga kearah yang lebih terang
5. Membangun nilai-nilai: lalu menimpa hasil blending dengan arsiran lagi, membuat bagian-bagian wajah sampai terlihat nyata, seperti pada mata yang terdapat adanya penambahan warna hitam. Ulangi penambahan arsiran-arsiran disetiap bagian hingga terlihat nyata
6. Memberi Rincian atau Detail Akhir : membuat goresan-goresan kecil dengan cukup hati-hati, teliti dan perlahan untuk menambahkan detail-detail gambar, seperti alis, bulu mata, rambut, hingga bintik-bintik kulit, dibagian ini tak hanya menggunakan pensil untuk membuat detail, anda juga terkadang harus menggunakan penghapus yang cukup runcing, untuk membuat efek cahaya, efek rambut putih seperti rambut blonde di atas.

Setelah saya selesai membaca posting Workshop Demo tersebut, saya langsung menelusuri seluruh isi blognya, dan saya menemukan posting mengenai Bahan-Bahan Menggambar yang digunakan oleh Dirk Dzimirsky untuk menciptakan karyanya. wahhh ini membuat saya makin senang.
Ia mendapatkan banyak pertanyaan tentang materi atau bahan yang digunakan untuk gambar pensil grafit. Ia berkata :
"Selama anda menggunakan bahan berkualitas baik, anda tidak harus terlalu khawatir tentang bahan yang tepat. Hanya percobaan yang cukup banyak untuk menemukan bahan-bahan yang anda sukai dan yang memberikan hasil seperti yang anda inginkan"

suryadint.blogspot.com


Tepat sekali, Pengalaman adalah guru yang baik.. :D.. oke lanjut,,
Ia menggambar menggunakan kertas Canson Mi-Teintes disisi yang halus (karena kertas ini adalah kertas pastel yang memiliki permukaan kertas yang bergigi, dibagian belakangnya memiliki sisi yang halus). Sekarang ia lebih banyak menggambar menggunakan kertas Sketchpad Hahnemuhle Nostalgie (sepertinya ini belum terjual di Indonesia, entahlah :D). Tapi ia masih mencoba banyak kertas baru. Ia lebih suka menggunakan kertas dengan setidaknya sedikit tekstur atau "gigi". Dan ia menyarankan untuk menggambar serius tidaklah baik untuk menggunakan kertas yang sangat halus seperti kertas print misalnya.

Dan untuk pensil, ia menggambar dengan pensil Faber Castell seri castell 9000, menggunakan lebih atau kurang semua nilai yang tersedia (5H hingga 8B).
Grafit selalu abu-abu, bahkan pensil terlembut sekalipun, jadi ia menggunkan pensil warna hitam atau pensil 8B dari Staedtler (yang katanya ini pensil grafit, tapi pensil ini dicampur dengan sesuatu) untuk menggambar daerah gelap. Tapi bukan untuk menggambar Background gelap.
Sedang pensil arang tidak akan menempel pada grafit, jadi ia tidak menggunakannya. Tapi sebaliknya jika pensil grafit diatas pensil arang, itu bisa. Mungkin anda ingin mencobanya? meskipun Dirk tidak melakukanya.
Ketika menggambar di kertas putih, ia menggambar dengan penghapus untuk mendapatkan bagian yang ringan dan cahaya. Alatnya adalah Penghapus Kneadable, Pensil penghapus dari Faber Castell (7056), dan Pensil penghapus dari Tombow Mono Zero.
Untuk kertas berwarna atau kertas gelap (kertas Canson Mi-Teintes, memiliki banyak pillihan warna termasuk abu-abu atau gris) ia menggunakan pensil arang putih dari General Pencil untuk membuat cahaya, anda juga dapat menggunakan pensil pastel putih, atau juga pensil warna putih.
Untuk pencampuran (Blending), ia menggunakan Tisu biasa dan Blending Stump.

Yaaa. seperti itulah posting-posting yang sangat bermanfaat untuk tukang gambar otodidak seperti saya ini. Sayapun langsung penasaran dengan bahan-bahan tersebut. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan kertas Canson Mi-teintes diatas, ternyata ada beberapa yang sudah dijual di Indonesia.. :). Untuk kedepanya, saya akan berusaha mengulas satu persatu bahan-bahan yang yang digunakan oleh Dirk Dzimirsky, doakan yaa.. semoga lancar. Hehehe.
Dengan terus mengikuti update darinya, entah itu dari blognya, instagramnya, dan halaman facebooknya, saya banyak belajar darinya, Terimakasih Dirk... :)
Saya tidak mengharuskan pembaca yang suka menggambar untuk sama-sama melakukan apa yang telah dilakukan oleh Dirk Dzimirsky, tapi sekali lagi :
"Selama anda menggunakan bahan berkualitas baik, anda tidak harus terlalu khawatir tentang bahan yang tepat. Hanya percobaan yang cukup banyak untuk menemukan bahan-bahan yang anda sukai dan yang memberikan hasil seperti yang anda inginkan"
Pengalaman adalah guru yang baik. jadi lakukanlah banyak latihan, cobalah banyak alat atau bahan-bahan menggambar, jam terbang yang tinggi membuatmu andal, temukan gaya menggambar yang paling nyaman menurutmu :). Terimakasih.

0 Response to "Lakukan Seperti yang Dilakukan Dirk Dzimirsky"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel