Apa Itu Vector ?


Menurut wikipedia, gambar vektor atau vector (inggris) merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis.
Gambar Vector terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil.
Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, AI, EPS, CDR, dan Lain-lain.
Secara gampangnya, gambar vektor itu kalo dibesarkan tidak pecah, dengan catatan gambar vektor tersebut dibuka dengan software nya masing-masing (Agar bisa terbuka tentunya :D).
Seperti contohnya file vektor yang berformat *CDR dibuka dengan software CORELDRAW, seperti ini :

suryadint.blogspot.com

Gambar vektor itu sangat fleksibel. Misalkan kita ingin cetak gambar (contoh: gambar rio haryanto diatas) ke kertas ukuran A4 atau mungkin dicetak ke spanduk ukuran 60 cm x 80 cm, bisa... kita tinggal sesuaikan saja ukurannya, berapapun besar atau kecil ukuran gambar vektor yang kita ubah, gambar gambar vektor ini tidak akan pecah.
Selain dapat dengan mudah merubah ukuran dokumen atau artboard, file vector ini benar-benar merupakan master dari desain, jadi kalau hasil akhir sebuah desain dianggap belum layak untuk dicetak, maka kamu bisa merubah desain tersebut sesuai dengan yang diinginkan dengan cara membuka file master desain berupa vector tersebut sesuai software vector masing-masing.


Nah, Lain ceritanya kalau gambar vektor tersebut kita Export ke Bitmap :

suryadint.blogspot.com

Kalau gambar vektor sudah kita export ke bitmap dengan ekstensi JPG, PNG, atau yang lainya, dengan setinggi apapun resolusinya pasti akan pecah.
Jadi semakin tinggi resolusi bitmap maka nilai perbesaran semakin banyak, dan kalau semakin rendah resolusi bitmap, maka gambar tersebut langsung pecah walau hanya satu kali perbesar :

suryadint.blogspot.com

Seperti itulah penjelasan dari tukang gambar yang menjadi tukang desain dadakan seperti saya, mengenai apa itu vektor :).
Kalau ada yang salah monggo koreksinya, bisa langsung ditambahkan ke kolom komentar :D.
Selamat berkarya.


0 Response to "Apa Itu Vector ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel